Tips

Tips Merawat Bunga Anggrek Supaya Tetap Sehat

tips merawat bunga anggrek

Anggrek, merupakan tanaman epifit yaitu tumbuham yang menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak merugikan. Anggrek masuk dalam golongan famili Orchidaceae. Bunga yang satu ini banyak di jumpai di Indonesia, dengan kelopak bunga yang cantik dan juga memiliki warna yang sangat beragam yaknik putih,kuning,merah muda, magenta, ungu hingga hitam. Bunga anggrek juga memiliki banyak jenis, di dunia bunga anggrek memiliki hingga 900 jenis. Dari banyaknya jenis yang ada di dunia anggrek yang paling terkenal yaitu jenis dendrobium dan oncidium, Jenis anggrek ini mekar setiap 1-2 tahun sekali tetapi saat mekar bunga anggrek dapat bertaham hingga 2-3 bulan. Anggrek memiliki makna kesuburan, keanggunan, dan cinta oleh karena itu banyak pecinta bunga yang memberikan anggrek sebagai hadiah kepada orang tua baru. Para pecinta anggrek maupun bagi yang ingin memiliki bunga nan indah ini sebagai koleksi tentu wajib mengetahui bagaimana cara merawat bunga yang satu ini. Inilah tips merawat bunga anggrek agar tetap cantik :

  • Tempat yang ideal

Anggrek membutuhkan tempat yang sehat dan nyaman, anggrek akan mampu tumbuh sehat apabila tempat tumbuhnya memiliki kelembapan dan intensitas cahaya yang ideal. Cahaya yang dibutuhkan oleh anggrek berkisaran 50-70% sehingga tempat tumbuh anggrek harus memiliki atap yang terbuat dari paranet sehingga cahaya yang dibutuhkan anggrek untuk tumbuh cukup dan ideal untuk anggrek. Pembersihan tempat secara rutin juga di perlukan, bersihkan daun daun kering yang ada di tempat tumbuh anggrek.

  • Menyediakan media tanam yang cocok

Pemilihan media tanam untuk bunga anggrek juga merupakan salah satu hal penting untuk menjaga anggrek tumbuh cantik. Media tanam anggrek memiliki aturan dimana media tanam harus disusun dari 2 sisi supaya anggrek terlihat sehat dan berbunga banyak. Susunan ini terdiri dari 1/3 yang diisi oleh batu bata dan 2/3 diisi oleh pakis. Kemudian bentuk pot juga harus diperhatikan, pot untuk bunga anggrek harus terbuat dari tanah liat dan juga memiliki lubang udara agar kelembapan tanah dan sirukulasi udara ideal untuk pertumbuhan anggrek.

  • Rajin menyiram anggrek

Setiap tumbuhan perlu rajin disiram supaya menjadi subur, begitu pula dengan anggrek. Anggrek perlu disiram dengan rutin 2 kalli sehari yaitu pagi dan sore, penyiraman ini tidak perlu dilakukan apabila kondisi cuaca sedang hujan lebat. Penyiram juga harus diperhatikan karena menyiram terlalu banyak air pada anggrek akan menyebabkan media tanam anggrek menjadi lembab dan ini akan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur yang akan mengganggu pertumbuhan anggrek. ini merupakan salah satu tips merawat bunga anggrek yang paling penting

  • Memberi pupuk

Pemupukan juga wajib dilakukan pada setiap tumbuhan, begitu juga dengan anggrek. Pemilihan pupuk yang memiliki unsur hara tinggi sangat cocok untuk pertumbuhan anggrek, pemupukan dilakukan saat anggrek bertunas dan banyak bunganya. Cara pemupukan yang dapat dilakukan yaitu penyiraman, penyemprotan dan juga dapat dilakukan dengan penaburan. Pemupukan pada anggrek dapat dilakukan kurang lebih 3 kali seminggu, jangan tertalu sering memberi pupul larena itu akan menyebabkan anggrek menjadi kerdil.

  • Memberi ZPT atau hormone untuk anggrek

ZPT atau hormone dapat pembantu pertumbuhan anggrek, ada cara secara tradisional ataupun modern. Apabila ingin aman menggunakan cara tradisional adalah salah satu jalan, caranya yaitu dengan memanfaatkan 150ml air kelapa dan disemprotkan secara merata pada bagian anggrek. Pemberian ZPT atau Hormon dapat dilakukan 3 kali dalam seminggu.

  • Memberi obat

Obat pada anggrek berfungsi sebagai penghilang hama, dikarenakan terkadang anggrek pun rentan terserang hama. Pencegahan hama dapat dilakukan dengan menghilangkan gulma,kotoran, dan juga daun daun yang ada di sekitar tanaman. Sebaiknya pemberian pestisisa dilakukan smeinggu sekali untuk menghindari jamur dan juga hama pengganggu lainnya.

  • Mengatur tata letak bunga

Anggrek lebih baik diletakkan 1m diatas tanah, dan hindarkan peletakan berjenjang supaya tidak menghambat aliran udara yang masuk. Udara yang harus dijaga untuk anggrek yaitu berkisaan 60-70%.

  • Memotong bagian tumbuhan yang layu

Memotong bagian bunga atau daun yang layu akan menghindarkan menyebaran jamur pada anggrek. Pemotongan dilakukan supaya pertumbuhan tunas baru dapat terhindar dari jamur, jangan lupakan untuk menggunakan gunting yang tajam dan bersih.

Itulah dia tips yang harus dilakukan untuk perawatan anggrek supaya tumbuh subur dan sehat. Jika sudah perlu dilakukan pemeriksaan pada anggrek, apabila daun anggrek bewarna hijau maka artinya anggrek kurang mendapatkan sinar matahari. Dan apabila daunnya bewarna hijau tua itu menandakan bahwa anggrek kekurangan cahaya matahari. Jadi perlu di perhatikan dalam pencahayaan pada anggrek.