Lebaran atau idul fitri merupakan acara yang sangat berkaitan dengan berkumpul Bersama keluarga dan orang orang terdekat. Meski lebaran tahun 2021 hanya dirumah saja, tidak menjadi penghalang untuk menghias rumah atau ruang tamu. Tidak jarang bunga digunakan sebagai hiasan di kala lebaran.

Biasanya, bunga yang menjadi hiasan dikala lebaran adalah bunga sedap malam yang memiliki nama ilimiah PolianthesTuberosa. Sesuai dengan Namanya bunga ini mengeluarkan semerbak wangi dimalam hari, tapi tetap indah jika di gunakan untuk pajangan pada siang hari.

Adapun bunga lain yang cocok digunakan sebagai penghias rumah dikala lebaran, dibawah ini merupakan rekomendasi bunga yang indah di pajang saat hari Raya Idul Fitri :

  1. Sedap Malam

Bunga yang satu ini memiliki bentuk kuncup pada siang hari dan akan mekar pada malam hari, jika digunakan sebagai hiasan biasanya toko toko bunga menjual kuncup bunga sedap malam. Saat mekar bung aini akan mengeluarkan semerbak wangi yang akan mengisi satu ruangan, jika ditanam bunga ini idealnya akan berbunga setelah 7-8 bulan dan bisa berbunga lebih cepat jika perawatan yang dilakukan tepat dan benar.

  1. Calla lily

Bunga bewarna putih yang memuliki bentuk kelopak seperti ujung terompet ini sangat cantik apabila di letakkan dirumah sebagai hiasan. Bunga ini memiliki nama ilmiah Zantedeschia aethiopica, bunga nan cantik ini berasal dari afrika dan tumbuh sangat subur didaerah sekitarnya. Dan tidak hanya bewarna putih ternyata bung aini memiliki beberapa warna lain yang juga sangat cantik yaitu kuning, orange, lilac, ungu tua, merah muda dan juga merah tua.

Cara perawatan calla lily juga tergolong sangat mudah, yaitu cukup dengan meletakan potongan bunga ini didalam vas yang berisikan air lalu letakkan di tempat yang sedikit teduh supaya bunga ini tidak mudah layu. Calla lily yang biasa dijadikan hiasan di rumah merupakan calla lily potong, dan bisa dibeli di toko bunga hias. Walaupun bunga ini tidak memiliki wangi yang harum tapi tetap akan sangat indah bila diletakkan sebagi hiasan rumah saat lebaran.

  1. Mawar

Mawar merupakan bunga yang sudah sangat familiar ditelinga khalayak umum, bunga ini memiliki bentuk yang sangat cantik dengan kelopak yang bertumpuk, warna dari bunga mawar juga sangat beragam diantaranya :

  • Merah
  • Putih
  • Ungu
  • Kuning
  • Pink
  • Candy Pink
  • Batik Merah
  • Candy Garis
  • Colorado
  • Orange
  • Ungu Muda
  • Salem
  • Karosel
  • Blackrose
  • Candy Merah

Diantara warna diatas mawar putih merupakan hiasan yang sangat cocok diletakkan diruang tamu dikala lebaran. Karna mawar putih biasa dijadikan simbol kesucian, kerendahan hati, kemurnian, kelembutan dimana sangat cocok dengan nuansa yang diciptakan kala lebaran.

  1. Anggrek

Untuk menggunakan bunga ini sebagai hiasan lebih baik menggunakan media tanah karena bunga ini akan sangat cantik jika diletakkan berjajar menggunakan pot yang berbentuk memanjang. Guna menjaga kondisi anggrek pastikan suhu ruangan dan kelembapan ruangan pada kondisi yang pas, letakkan bunga anggrek di dekat sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik. Karena media tanamnya menggunakan tanah pastikan tidak lupa menyiram supaya anggrek dapat hidup dengan baik.

  1. Melati

Bunga berbentuk kecil dan berwarna putih ini memiliki bentuk dan wangi yang hamper mirip ddengan sedap malam. Tetapi kedua nya memiliki perbedaan dimana bunga sedap malam tumbuh menjuntai sedangkan bunga melati cenderung mengelompok.

Apabila digunakan hiasan bunga ini akan sngat cantik diletakkan pada vas berbentuk bulat yang tidak begitu tinggi. Melati juga sangat banyak dijumpai di took took bunga hias maupun took tanaman.

  1. Seruni

Bunga yang memiliki nama ilmiah Chrysanthemum ini merupakan bunga yang berasal dari dataran Cina. Bunga ini biasa digunakan sebagai tanaman hias atau bunga petik yang digunakan menghias ruangan. Bentuk kelopak yang betumpuk dan memiliki wangi yang semerbak menjadikan bunga ini sangat enak dipandang mata dan sering dijadikan hiasan. Cukup diletakkan di vas bunga yang berisi air dan kelembapan udara yang pas akan membuat bunga seruni akan tidak cepat layu.

  1. Amarilis

Bunga amarilis merupakan bunga yang cukup terkenal sebagai hiasan ruangan, karena bentuknya yang memiliki mahkota bunga yang besar dengan corak yang indah dan memilliki beragam warna yaitu merah muda, putih, merah, koral, merah anggur.

Bunga ini bisa ditanam di pot dengan media tanah ataupun dijadikan bunga potong yang diletakkan di vas berisikan air. Bunga amarilis akan terlihat megah dan indah jika diletakkan sebagai bunga hiasan lebaran.

Bunga memang sangat indah saat di letakkan didalam ruangan, karna akan membuat suasana ruangan menjadi lebih alami dan lebih menyenangkan. Apalagi saat hari raya idul fitri meruapakan momen yang sangat membahagiakan, meletakkan bunga didalam rumah akan menambah suasana Bahagia di dalam rumah.