Tips

Cara Ampuh Merawat Bunga Meja agar Tidak Cepat Layu

Bunga Meja atau Table Flower merupakan salah satu benda penghias, yang biasanya diletakkan diatas meja untuk membuat ruangan lebih berwarna. Biasanya Bunga yang digunakan adalah bunga segar, karena membuat suasana menjadi segar dan bersemangat.

Karena bunga yang digunakan adalah bunga segar, merawat bunga meja tidak boleh sembarangan. Hal ini agar bunga menjadi awet dan tidak cepat layu. Ketika bunga yang kita miliki terjaga kesegarannya, maka kita juga bisa menghemat biaya karena tidak boros mengganti isian vas bunga.

Tapi tahukah kamu bagaimana cara merawat bunga meja? Jangan khawatir, khusus untuk kamu Meme Florist sudah rangkumkan tips merawat bunga meja agar tidak cepat layu. Yuk simak info berikut!

  • Gunakan Vas yang Bersih sebagai Wadah

Vas adalah komponen penting pada bunga meja selain tanaman itu sendiri. Pastikan kamu menggunakan vas yang bersih dan terawat. Jangan sampai vas yang kamu pakai berdebu atau tidak kamu bersihkan sebelumnya.

Wadah yang bersih akan membuat air didalam vas tidak menjadi kotor, sehingga air yang diserap oleh bunga akan maksimal. Selain itu, vas yang bersih akan menarik untuk dipandang karena terlihat bersih dan terawat.

  • Rutin Mengganti Air dalam Vas

Air adalah komponen krusial untuk menentukan apakah bunga akan awet atau tidak. Air yang kotor akan membuat bunga menjadi layu atau busuk karena terinfeksi bakteri. Selain itu, air yang terlalu lama tidak diganti akan membuat suhu air menurun.

Air dengan suhu rendah akan membuat tanaman sulit menyerapnya, sehingga berujung tanaman menjadi kering dan tidak awet. Maka dari itu, rutin mengganti air dalam vas, minimal sehari sekali di pagi atau sore hari.

  • Tidak Menyemprotkan Air ke Bunga

Bunga segar cukup menyerap air dari vas, tidak perlu menyemprot air ke arahnya atau sampai di siram air. Hal ini untuk menghindari bunga meja menjadi busuk karena terlalu lembab. Air yang berlebihan juga akan membuat area di sekitar vas menjadi basah

  • Potong Miring Batang dan Hilangkan Daun yang Terendam

Memotong miring batang tanaman dapat membuat tanaman menyerap air lebih maksimal karena bekas potongan yang lebar membuat pori pori batang bunga menjadi mudah menyerap air. Hal ini menyebabkan air akan terhidrasi dengan cukup dan tidak kering.

Selain itu perlu memperhatikan daun yang menempel pada batang. Potong daun yang jaraknya mendekati air vas, untuk menghindari daun menjadi busuk dan batang yang akhirnya layu.

  • Simpan Pada Suhu Ruangan dan Jauhkan Dari Sinar Matahari

kondisi yang terlalu panas atau dingin tidak cocok untuk ketahanan tanaman. Suhu ruangan adalah udara paling cocok  untuk menjaga keawetan tanaman. Suhu ruangan juga membuat tanaman tetap menyerap air sesuai pola hidrasi.

Jangan letakkan bunga meja di bawah sinar matahari langsung. Hal ini untuk menghindari tamanan menjadi dehidrasi dan kering. Sehingga bunga meja berujung coklat dan tidak cocok untuk di pajang lagi.

Jadikan Bunga Meja Sebagai Hadiah untuk Orang Tersayang

Ternyata merawat bunga meja agar awet mudah bukan? Sekarang kamu bisa membuat bunga meja yang kamu miliki menjadi lebih awet dan tahan lama. Bunga meja adalah salah satu pilihan hadiah yang cocok untuk kamu berikan kepada orang tersayang di momen spesial.

Memberikan bunga meja dapat menjadi simbol harapan dan doa agar mereka yang menerima mendapatkan kelancaran dan kehidupan yang berwarna. Tertarik untuk menjadikan bunga meja sebagai hadiah? Kamu bisa menghubungi Meme Florist untuk dapatkan bunga meja terbaik dengan pelayanan yang ciamik.

Meme Florist adalah toko bunga online terpercaya yang sudah 8 tahun melayani pengiriman bunga di seluruh indonesia. Proses yang cepat dan mudah, akan membuatmu merasa aman dan nyaman untuk berkirim hadiah meski dari luar daerah.

author-avatar

About Dikka Prasetyo

Hai! Saya Dikka Prasetyo, akrab dipanggil Dikka. Saat ini saya sedang menjadi peserta Interenship Program di Memeflorist sebagai Content Writer. Saya adalah mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP angkatan 2020. Saya memiliki ketertarikan di bidang tulis menulis, baik yang bersifat sastra maupun yang faktual dan informatif.

Related Posts