Inspirasi

Tips Merawat Bunga Anggrek untuk Pemula Agar Tumbuh Indah dan Segar

Tips Merawat Bunga Anggrek

Siapa yang tidak mengenal bunga anggrek? Anggrek terkenal karena kelopaknya yang besar dan tahan lama ini memang digandrungi banyak pecinta bunga. Bunga yang juga dikenal dengan sebutan Orchidaceae ini populer sebagai tanaman hias di dalam dan luar ruangan.

Bunga anggrek kerap disebut sebagai simbol rasa cinta, keanggunan, dan kemewahan. Kami memiliki tips merawat bunga anggrek bagi kamu yang tertarik untuk memiliki bunga anggrek sebagai tanaman hias. 

Merawat Bunga Anggrek Tidak Serumit yang Kamu Pikirkan Loh!

Supaya bunga anggrek yang kamu tanam dapat tumbuh dengan baik, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait perawatan bunga Anggrek, seperti penyiraman, pemupukan, pemindahan pot, sirkulasi udara dan pencahayaan. Merawat bunga anggrek tidak akan rumit selama kamu memperhatikan pertumbuhan bunga anggrek.

Untuk mendapatkan hasil penanaman bunga anggrek yang cantik, kamu perlu konsisten dalam merawat dan memperhatikan pertumbuhan dari bunga anggrek yang kamu tanam. 

Tips Merawat Bunga Anggrek untuk Pemula

Jika merawat bunga anggrek adalah sesuatu yang baru untuk kamu lakukan, kamu perlu menyimak tips merawat bunga anggrek dari kami. 

Memperhatikan Arah Datang Sinar Matahari

Rawat Anggrek

Dalam pertumbuhannya, bunga anggrek hanya membutuhkan 25% cahaya matahari untuk dapat tumbuh. Letakkan bunga anggrek pada tempat yang terang namun tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Opsi yang dapat kamu pilih adalah meletakkan bunga anggrek pada jendela rumah yang menghadap ke arah Timur dan Selatan. 

Menyiram Bunga Anggrek dengan Benar

Menyiram Bunga

Mungkin kamu berpikir bahwa menyiram tanaman merupakan hal yang sederhana. Tapi jangan salah, metode penyiraman yang tidak tepat akan menghambat pertumbuhan bunga anggrek.

Kamu perlu menyiram bunga anggrek pada bagian akarnya saja dan pastikan jika drainase pada tanah sudah baik dan tidak kelebihan air. Apabila bunga anggrek terkena air secara berlebihan akan membuat bunga anggrek membusuk dan mati.

Idealnya, penyiraman anggrek hanya perlu dilakukan seminggu sekali. Namun, hal ini tidak berlaku apabila bunga anggrek yang kamu miliki kering, kamu perlu menyiramnya dua hari sekali dengan tetap memperhatikan ketersediaan air di dalam tanahnya. 

Memindahkan Bunga Anggrek ke Pot 

Bunga Anggrek Tumbuh

Pada umumnya, bunga anggrek yang kita beli dari penjual tanaman dikemas di pot plastik yang kualitasnya kurang bagus.

Anggrek memerlukan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah pembusukan. Oleh karena itu, kamu perlu memindahkan bunga anggrek ke pot yang kualitasnya lebih baik.

Berikut tips memindahkan bunga anggrek ke pot:

  1. Pindahkan tanaman saat bunga sudah selesai mekar. Potong dan buang bunga yang mati.
  2. Tanam bunga anggrek dengan tegak dan berikan media tanam hingga sekitar 2 cm dari atas pot.
  3. Potong akar yang sudah rusak untuk menghindari pembusukan tanaman di pot baru.

Rajin Mengganti Pupuk 

Ganti Pupuk Bunga Anggrek

Ketika kamu memutuskan untuk merawat bunga anggrek, kamu tidak diperbolehkan untuk malas mengganti pupuk. Pupuk sebagai media tanam sangat mempengaruhi proses tumbuh kembang tanaman.

Pupuk yang baik memiliki kandungan nutrisi tinggi yang berdampak baik pada pertumbuhan bunga anggrek.

Penanaman bunga anggrek sebaiknya dilakukan pada pupuk yang cepat mengering. Kamu perlu memilih pupuk yang memiliki kandungan kalsium dan phospor. 

Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi Udara Anggrek

Konsumsi udara yang cukup merupakan salah satu kunci dalam merawat bunga anggrek.

Sirkulasi udara yang baik akan menghasilkan kelembaban dan temperatur yang stabil, hal ini akan berpengaruh pada kualitas bunga anggrek yang kamu tanam. 

Gunting Tangkai Bunga yang Layu

Merawat Bunga Anggrek

Perhatikan bunga anggrek yang sedang kamu tanam. Apabila kamu menemukan ada bunga yang layu, kamu perlu segera mengguntingnya.

Potong tangkai bunga tepat di bawah tempat bunga tersebut terakhir tumbuh.

Anggrek Phalaenopsis

Setelah memperhatikan tips merawat bunga anggrek di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba?
Salah satu jenis bunga anggrek yang terkenal akan kecantikan dan eksotisnya adalah Anggrek Phalaenopsis.

Anggrek Phalaenopsis juga digemari karena memiliki wangi yang harum. Saat ini, Phalaenopsis banyak digunakan sebagai hadiah untuk orang terkasih. Phalaenopsis disusun dengan cantik pada hand bouquet dan table bouquet

Tunggu Apa Lagi? Mudah Bukan Merawat Bunga Anggrek untuk Pemula?

Apakah kamu tertarik untuk menjadikan bunga anggrek sebagai tanaman hias di rumahmu? Selagi kamu konsisten dalam melakukan perawatan bunga anggrek, merawatnya tidak akan terasa sulit.

Apabila kamu sedang mencari hadiah yang dihiasi dengan bunga anggrek, kamu bisa berkunjung ke website Meme Florist.

Meme Florist sebagai platform pengiriman bunga dan gift #1 di Indonesia memiliki beragam variasi hadiah sesuai kebutuhan & jangkauan kirim ke 200 kota di seluruh Indonesia.

author-avatar

About Nora Amalia

Hello! My name is Nora Amalia. I currently study Geography Education at Universitas Negeri Semarang. I like to read books and write stuffs sometimes.

Back to list