Flowerpedia

Tips Mengganti Air untuk Vas Bunga, Air Dingin atau Hangat?

Memiliki hiasan bunga segar pada ruangan adalah hal yang menenangkan hati. Bunga segar yang baru dipetik haruslah mendapat perlakukan yang khusus agar kesegarannya bertahan lama. Sama seperti manusia, bunga juga dapat merasakan haus dan membutuhkan air agar tidak dehidrasi. 

Apalagi bunga-bunga tersebut adalah bunga yang sudah terlepas dari akarnya dan diletakan di dalam vas. Tentu saja, air dalam vas bunga haruslah mendapat perhatian lebih. Namun tahukah kamu? Air vas bunga tidak boleh menggunakan sembarang air. Terdapat kriteria tertentu agar air dalam vas bunga sesuai dengan kondisi bunga segar.

Umumnya, kita berfikir bahwa air vas bunga yang tepat adalah air dingin, karena seperti manusia, air dingin akan membawa kesegaran bagi yang meminumnya. Tetapi, muncul juga pendapat bahwasannya air vas bunga lebih cocok menggunakan air hangat. Karena dianggap dapat memudahkan bunga segar untuk terhidrasi.

Lantas manakah yang benar, apakah air dingin atau justru air hangat? Meme Florist sudah siapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Yuk simak artikel dibawah ini!

Tanaman Lebih Mudah Menyerap Air Hangat

Anggapan air dingin membawa kesegaran pada tanaman dalam vas ternyata salah. Justru air hangat akan membuat bunga segar di dalam vas menjadi awet dan tahan lama. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena pada dasarnya bunga akan lebih mudah menyerap air dalam vas apabila air tersebut bersuhu ruangan.

Biasanya air hangat lebih menyerupai suhu ruangan dibanding air dingin. Ini menyebabkan bunga yang diletakan pada vas berisi air hangat akan lebih cepat dan lebih banyak menyerap air untuk mencegah kondisi dehidrasi yang dialami bunga.

Air hangat di dalam vas juga tidak selamanya menjadi pilihan utama. Karena ada beberapa jenis bunga yang justru tidak cocok dengan air hangat karena kemampuan dan daya serap airnya yang tidak tinggi. Salah satu bunga yang tidak cocok dengan air hangat adalah bunga tulip.

Air Dingin Membawa Kesegaran pada Tanama yang Layu

Meskipun air hangat dianggap cocok untuk air vas bunga segar. Ternyata air dingin juga memiliki manfaat untuk tanaman yang diletakkan di dalam vas. Bunga tulip adalah satu diantara beberapa jenis tanaman lain yang lebih cocok diletakkan dalam air dingin.

Selain itu, air dingin sangat bagus sebagai isian vas bunga dengan kondisi lemas dan layu. Biasanya bunga-bunga ini adalah tanaman segar yang mengalami proses pengiriman sehingga metabolisme air dalam bunga membuat kondisi bunga menjadi layu.

Air dingin sangat cocok untuk kondisi tanaman tersebut. Hal ini dikarenakan air dingin dapat memecah kanong udara yang terbentuk pada bunga yang hampir layu, sehingga batang dari bunga tersebut dapat kembali menyerap air dan bunga menjadi segar kembali.

Kirim Hadiah Rangkaian Bunga dalam Vas untuk Orang Tersayang

Tidak dipungkiri, hadiah rangkaian bunga adalah hadiah yang manis dan romantis. Semua orang pasti menyukai rangkaian bunga. Apalagi jika rangkaian bunga yang diberikan tersusun indah pada sebuah vas bunga.

Kamu bisa hadiahkan berbagai rangkaian tanaman dalam vas untuk orang tersayang dengan menerapkan tips isian air dalam vas agar tanaman segar yang kamu hadiahkan bertahan lama. Ada banyak variasi bunga dalam vas. Diantaranya bloom box, flower doom, atau table flower.

Rangkaian bunga dalam vas menjadi pilihan hadiah yang cocok untuk segala momen istimewa. Seperti anniversary, ulang tahun atau bahkan momen momen kesuksesan lainnya.

Tips Memilih Hadiah Bunga Vas atau Table Bouquet secara Online

Jika kamu tertarik untuk menghadiahkan rangkaian bunga dalam vas untuk orang tersayang, kamu harus jeli memilih hadiah bunga vas atau table bouquet. Yang pertama adalah pilih isian bunga favorit penerima. Selanjutnya adalah memilih jenis vas yang akan kamu gunakan.

Saat ini vas bunga sangat bervariasi, kamu bisa memilih vas keramik atau vas rotan bernuansa tradisional. Selain itu kamu bisa menambahkan hiasan lain seperti balon atau boneka. Jangan lupa untuk mempersiapkan hadiah minimal H-2 perayaan momen spesial, agar hadiah kamu lebih maksimal.

Terakhir adalah saatnya memilih vendor toko bunga online terpercaya. Meme Florist adalah toko online terpercaya yang menyediakan beragam hadiah bunga salah satunya bunga dalam vas atau table bouquet. Meme Florist telag berpengalam lebih dari 8 tahun sebagai toko online nomor 1 di Indonesia.

author-avatar

About Dikka Prasetyo

Hai! Saya Dikka Prasetyo, akrab dipanggil Dikka. Saat ini saya sedang menjadi peserta Interenship Program di Memeflorist sebagai Content Writer. Saya adalah mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP angkatan 2020. Saya memiliki ketertarikan di bidang tulis menulis, baik yang bersifat sastra maupun yang faktual dan informatif.

Related Posts