Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor keberhasilan sebuah bisnis/usaha. Kepuasan pelanggan bisa didapatkan dengan cara kita melayani pelanggan, misal dari segi kualitas terbaik, toko yang nyaman, pegawai yang ramah, dll. Kali ini kita akan membahas mengenai kepuasan pelanggan. Simak terus yaaaa.

Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan senang atau kecewa konsumen setelah membandingkan apa yang telah diterimanya dengan harapannya.

Memuaskan kebutuhan pelanggan merupakan keinginan seluruh perusahaan. Kepuasan konsumen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha yang mereka jalankan.

Ini bisa meningkatkan keunggulan di antara para pesaingnya. Konsumen yang merasa puas akan cenderung untuk muncul kembali di kemudian hari. Bukankah hal ini berarti kepuasan pelanggan menjadi kunci untuk konsumen kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang?

Faktor utama dalam menentukan kepuasan pelanggan:

  1. Kualitas produk

Pelanggan akan merasa puas setelah ia menerima produk dengan kualitas baik. Tidak terdapat cacat ataupun rusak. Jadi kualitas produk perlu diperhatikan dalam produksi yaaa.

  1. Kualitas pelayanan

Pelayanan juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, kita harus bisa memberikan pelayan terbaik pada pelanggan. Bersikap ramah serta berikan kenyaman pada pelanggan.

  1. Emosional

Pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

  1. Harga

Produk dengan bahan yang sama bagusnya namun penetapan harga yang relatif murah akan menjadi daya tarik bagi konsumen.

  1. Biaya

Konsumen tidak merasa mengeluarkan biaya tambahan ataupun waktu lebih untuk mendapatkan produk karena merasa puas setelah membeli produk kita.

Karena kepuasan pelanggan menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan, maka sebagai pengusaha kita harus melakukan faktor-faktor di atas untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Beri mereka pelayan terbaik yang kita miliki. šŸ™‚

Dalam toko bunga online kami yaitu memeflorist kami selalu mementingkan kepuasan pelanggan dengan cara diantaranya menyediakan rangkaian bunga yang bagus seseuai yang diharapkan konsumen, baik bunga papan, flower box maupun rangkaian bunga lainnya.

Previous

5 Tips Merawat Tanaman Bunga Mawar di Dalam Pot

Next

Ketahui Arti Bunga Menurut Warnanya

Baca Juga