Inspirasi

Filosofi Bunga Dandelion Yang Bisa Dipelajari

filosofi bunga dandelion

Bunga dandelion merupakan bunga yang sering kita jumpai di padang rumput. Banyak orang menyukai bunga dari warna dan wanginya, namun dandelion menjadi bunga yang disukai karena keunikan nya sendiri. Dibalik keunikan bunga ini, terdapat filosofi bunga dandelion yang jarang diketahui.

Bunga yang satu ini tumbuh secara liar tanpa perawatan khusus, tatepi bunga ini memiliki keunikan yang khusus. Dandelion memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh. Namun di Indonesia bunga ini termasuk bunga liar. Bunga ini memiliki biji yang bisa terbang sejauh 5 mil kemudian jatuh ketanah, tak heran kamu bisa menemukan bunga ini disepanjang jalan, di ladang, dan di halaman rumah. Itu dikarenakan bunga ini bisa tumbuh dengan kuat hanya dengan bantuan dari air hujan.

Bunga dandelion memiliki ciri khusus yaitu memiliki batang yang kecil dan pajang. Dandelion juga memiliki berbagai warna tergantung dengan jenisnya, ada warna putih, ungu, kuning, dan sebagainya. Sejarah mengatakan bunga ini berasal dari daratan eropa dan asia namun sekarang bunga ini sudah tersebar dan tumbuh subur dimana mana.

Dari kesederhanaan bunga dandelion, filosofi bunga dandelion bisa kita ambil untuk kehidupan. Apa saja filosofi dari bunga dandelion? mari kita simak penjelasan dibawah.

Filosofi Bunga Dandelion

  1. Mampu Beradaptasi Dengan Baik

Dari sejarah yang kita tau dandelion berasal dari daratan eropa dan asia. Namun bunga yang satu ini bisa tumbuh dengan subur di Indonesia. Nah filosofi bunga dandelion pertama yang bisa kita teladani yakni kita harus bisa beradaptasi dengan baik dimana pun kita berada.

Manfaat dari beradaptasi bisa membuat bunga ini tumbuh dan berkembang dengan baik. Serpihan bunga yang melayang kemudian jatuh ketanah bisa tumbuh asalkan tempat dimana ia jatuh merupakan tempat yang cocok.

  1. Tetap Kuat Walau Diterpa Banyak Rintangan

Bunga dandelion terkenal sebagai bunga yang sangat rapuh dan mudah sekali terbang ketika terhempas oleh angin. Walaupun bunga dandelion terhempas oleh angin dan bunga nya tersebar ke berbagai arah, bagian bunga yang terbang akan memiliki bentuk yang utuh hingga ia jatuh ketanah.

Selain itu dandelion yang terbang akan menghias udara dengan potongan bunganya dan memberi keindahan bagi yang melihat. Nah dari filosofi bunga dandelion yang satu ini mengajarkan kita untuk selalu kuat dan tetap menjadi diri kita walaupun banyak rintangan dan banyak cobaan yang menghadang.

  1. Sosok Yang Pemberani

Pemberani? Bagaimana tidak, bunga yang satu ini akan tetap terbang sendirian hingga angin membawanya jatuh ketanah. Walaupun kelemahannya menempel pada batang, bunga kecil ini tetap tenang mengikuti arah angin dan tanpa rasa takut.

Bahkan ia terombang ambing sendirian mengikuti arah angin tanpa bantuan orang lain. Hal ini bisa menjadi pelajaran yang bisa diambil dalam kehidupan. Tetap percaya diri dan berani apapun rintangan dan cobaan yang kita hadapi. Tetap berdoa dan ikuti saja kemana arus akan membawa dengan tetap tenang dan berani.

  1. Optimis Menghadapi Masa Depan

Kecil, ramping, dan mudah terbawa angin merupakan ciri khas dari bunga dandelion. Bunga ini akan terbang hingga jatuh ke tenah dan menghasilkan kehidupan baru. Bunga ini bisa tumbuh dimana saja mencerminkan pemikiran optimis dengan apa saja yang terjadi. Dan karena itu bunga dandelion selalu berfikiran maju untuk menciptakan kehidupan baru.

Hal ini bisa menjadi pelajaran untuk kita disaat mengalami kegagalan pada sesuatu, tetap optimis dengan dirimu dan berfikiran maju untuk menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Nah itu dia beberapa filosofi bunga dandelion yang bisa kita jadikan pelajaran untuk kehidupan. Tetap semangat menghadapi apa saja yang terjadi dalam kehidupan. Dan selalu berfikir bahwa ada hikmah dibalik sebuah kegagalan, ada pelajaran yang bisa diambil dari segala sesuatu yang kita lakukan. Semoga bermanfaat