Flowerpedia, Inspirasi

Cara Merawat Bunga Matahari Hingga Tumbuh Subur dan Berbunga

cara merawat bunga matahari supaya sehat

Indonesia memiliki iklim tropis yang membuat banyak tumbuhan bisa hidup subur di wilayah Indonesia. Salah satu bunga yang hidup subur di Indonesia adalah bunga matahari. Bunga yang memiliki kelopak bewarna cerah dan cantik ini akan menjadi hiasan taman didepan rumah. Tapi bagaimana cara merawat bunga matahari supaya tumbuh sehat dan subur?

Perawatan bunga matahari kira kira hampir sama dengan perawatan bunga pada umumnya. Tanaman bunga matahari tidak akan terlihat cantik sebelum bunga nya mekar. Oleh karena itu kita harus tau bagaimana cara merawat bunga matahari hingga tumbuh subur dan berbunga.

  1. Tentukan Benih Bunga Matahari

Hal peertama yang harus diperhatikan adalah jenis benih yang akan ditanam. Karena bunga matahari memiliki banyak jenis dan masa tumbuh yang berbeda beda. Oleh karena itu perlu diperhatikan jenis bunga matahari apa yang kita tanam. Kamu bisa membeli benih sesuai dengan selera tetapi pastikan cara perawatan nya benar supaya bunga matahari tumbuh subur.

  1. Tentukan Lahan

Selanjutnya setelah memilih benih kamu harus menentukan lahan yang tepat untuk menanam bunga matahari. Bunga matahari butuh sinar matahari yang cukup dan resapan air yang bagus, karena bunga matahari memiiki akar yang Panjang dan dapat menyerap lebih banyak air.

Pastikan tanah memiliki pH yang seimbang sehingga tidak mengganggu tumbuh dari bunga matahari. jika kondisi tanah kurang baik kamu bisa mencampurakan tanah dengan kompos setebal 8-10cm diatasnya.

  1. Penanaman Benih

Setelah penentuan lahan tentunya kamu harus menanam benih di lahan tadi. Untuk kedalaman benih didalam tanah bisa disesuaikan dengan jenis benih yang ditanam. Jika kamu menanam jenis benih besar bertangkai tunggal kamu bisa menaman nya dikedalaman 2,5cm didalam tanah. Dalam satu lubang jangan masukan hanya satu benih karena bisa jadi benih gagal tumbuh karena terkena hama atau benih rusak. Pastikan kamu menanam lebih dari satu benih untuk menjadi cadangan jika beberapa benih tidak tumbuh.

Dalam menanam benih pastikan kamu memberi jarak yang tepat, karena jika terlalu dekat itu akan mempengaruhi tumbuh dari bunga matahari. Tanam benih dengan jarak 25-60cm tergantung dengan jenis bunga yang kamu pilih. Tanam benih diwaktu yang tepat sesuai dengan waktu berbunga, bunga matahari kebanyakan mekar sekitar 60 hari setelah benih ditanam.

  1. Siram Bunga

Penyiraman pastinya sudah tidak asing dalam tahapan merawat bunga, dikarenakan bunga memerlukan air untuk tumbuh subur. Bunga matahari membutuhkan air lebih banyak dari bunga lainnya untuk memperkuat akar. Usahakan tanah tetap lembab namun tidak basah kuyup, hingga tunas muda muncul.  Setelah tunas muncul siram pada jarak sekitar 7,5 – 10cm dari tanaman untuk mendorong pertumbuhan akar.

  1. Berikan Pupuk Dan Lindungi Dari Hama

Bunga matahari sebenarnya tidak memerlukan pupuk dan jika terlalu banyak nitrogen maka membuat tanaman tumbuh tinggi dan memperhambat pohon berbunga. Namun pupuk perlu diberikan jika kondisi tanah kurang baik, ini digunakan untuk memperkuat tanaman tanpa berlebihan.

Selain itu kamu juga harus menjaga bunga matahari dari hama seperti siput telanjang atau siput biasa. Itu bisa dilakukan dengan cara menaburkan produk anti siput disekitaran tanaman dan juga membuat perangkap untuk menangkap siput.

  1. Waspadai Jika Daun Menguning

Daun menguning adalah ulah dari jamur berbulu, oleh karena itu kamu perlu memeriksa tanaman secara rutin untuk mendeteksi adanya jamur yang menyebabkan daun menguning atau mengecil. Cara untuk mengurangi gejala tersebut adalah kurangi kapasitas air saat menyiram sehingga tanah tetap kering dan gunakan fungisida. Karena tanaman yang berjamur biasanya jarang menghasilkan bunga, jaid cara terbaik adalah membuang daun yang terinfeksi jamur untuk mencegah penyebaran penyakit.

Namun perlu diketahui jika bunga matahari menggugurkan daunnya saat mulai tumbuh besar. Dan daun yang berguguran akan berubah menjaid kuning dan kering, namun jangan khawatir karena daun lain akan baik baik saja.

  1. Kurangi Jumlah Air Saat Bunga Tumbuh Besar

Saat tanaman mulai tumbuh besar, akar dari bunga matahari yang Panjang dan kuat akan menjadikan bunga matahari tahan terhadap kekeringan. Tanaman akan tumbuh subur ketika dilakukan penyiraman teratur terlebih lagi saat kuncup bunga sudah tumbuh. Pastikan tanah mongering diantara jadwal penyiraman. Menyiram bunga matahari secara berlebihan akan lebih berbahaya dibandingkan dengan menyiram terlalu sedikit. Dan jangan membasahi sunga matahari dengan air karena itu dapat merusak bunga nya, jika anda menyiram siramlah bagian tanah.

  1. Berhati Hati Dengan Angin

Tumbuhan yang satu ini merupakan jenis tumbuhan berbunga besar oleh karena itu angin yang kencang akan membuat batang patah karena tidak kuat menopang bunga. Dan cara untuk mengatasinya yaitu dengan pemasangan pasak atau penyangga kemudian ikat batang dengan menggunakan kain atau bahan yang lembut.

Itu lah beberapa cara merawat bunga matahari untuk menjaga kesuburan hingga tanaman berbunga. Merawat bunga matahari memang membutuhkan trik khusus untuk menimbulkan bunga yang cantik dan terawat. Jika bunga tumbuh dengan baik dan subur itu akan menjadi kebanggan tersendiri untuk kita yang menanam.