Pemberian kado bunga juga memiliki keistimewaan yang beragam, dan juga memiliki makna yang sangat banyak. Kado umumnya adalah barang yang diberikan kepada seseorang guna sebagai hadiah, ucapan terimakasi, atau bingkisan. Pemberian kado pun tidak digunakan sebagai pemberian kompensasi ataupun sang pemberi kado meminta imbalan kepada yang diberi kado. Saat ini ada banyak jenis kado yang biasa diberikan sebagai hadiah, contohnya coklat,boneka, ataupun buket bunga.

Kado berupa bunga biasanya diberikan kepada orang terkasih guna tanda kasih sayang, atau pengungkapan perasaan dari hati yang terdalam. Bunga yang sering dijadikan kado yaitu bunga mawar, pemberian mawar sebagai kado pun memiliki makna tertentu dari setiap warna dari mawar.

Apa saja keistimewaan pemberian bunga sebagai kado atau hadiah? Mari kita bahas

  1. Pengungkapan Perasaan

Keistimawaan yang pertama yaitu kado atau hadiah berupa bunga biasa digunakan untuk mengungkapkan perasaan entah itu perasaan terimakasih, perasaan sayang dan juga bisa perasaan suka atau duka cita. Bunga juga identik dengan perayaan hari kasih sayang atau valentine, maka banyak yang memberi hadiah bunga sebagai pengungkapan perasaan yang dimiliki.

  1. Ungkapan Terima Kasih

Ungkapan terima kasih kepada seseorang terkadang juga bisa menggunakan bunga. Pemberian bunga sebagai ungkapan terima kasih bisa diberikan kepada siapa saja, contoh nya ucapan terima kasih karena sudah menjadi seseorang yang sangat berarti

  1. Menandakan Dirimu Spesial

Diri kita merupakan mahkluk spesial yang diciptakan oleh tuhan dengan segala kelebihan dan kekurangan setiap individu. Pemberian bunga juga bisa di anggap bahwa yang memberi bunga mengungkapkan betapa spesialnya kita di hihup pemberi bunga.

  1. Menambah Kedekatan

Kado berupa bunga dapat digunakan sebagai pendekatan terhadap orang yang kita beri bunga. Dari pada kado lain bunga jauh menunjukan bahwa kita ingin lebig dekat dengan orang yang kita beri hadiah bunga.

Dari beberapa keistimewaan diatas kita juga perlu tau makna dari bunga yang kita beri kepada seseorang dan kapan seharusnya bung aitu diberikan, supaya bunga yang kita berikan sesuai dengan keadaan.

Makna Bunga yang biasa diberikan untuk kado

  1. Mawar

Pemberian bunga mawar kepada seseorang erat kaitannya dengan pengungkapan rasa dan kasih sayang. Tetapi setiap warna dari mawar memiliki arti dan makna yang berbeda yaitu

  • Mawar merah : melambangkan kasih sayang dan cinta
  • Mawar putih : melambang kan cinta sejati, kelembutan, kesucian, kepolosan, kemurnian dan awal yang baru
  • Mawar kuning : mawar kuning yang diberikan kepada sahabat atau teman memiliki makna peduli dan kasih sayang terhadap teman. Sedangkan apabila mawar kuning diberikan kepada pasangan bermakna perselingkuhan, ketidak setiaan, dan kecemburuan.
  • Mawar merah muda : mawar ini melambangkan rasa syukur, rasa bangga, cinta, penghargaa, dan juga ucapan terima kasih.
  • Mawar orange : bunga mawar orange memiliki makna Hasrat, gairah, antusias dan juga rasa bangga.
  1. Tulip

Pemberian bunga tulip juga memiliki makna setiap warna nya, bunga khas dari Belanda ini terdiri dari warna :

  • Tulip merah : merah pada tulip melambangkan kasih sayang
  • Tulip putih : tulip putih biasanya digunakan sebagai bunga permohonan maaf, karna warna putih dalam tulip melambangkan rasa menyesal dan rasa bersalah kepada seseorang.
  • Tulip merah muda : bunga tulip yang bewarna merah muda memiliki arti kepedulian.
  • Tulip orange: warna orange pada tulip menggambarkan rasa kagum dan ketertarikan.
  • Tulip kuning : pemberian bunga tulip kepada seseorang memiliki makna yaitu senyuman yang bersinar seperti matahari
  1. Melati

Bunga yang satu ini memiliki wangi yang sangat khas, bukan hany sebagai kado bunga ini juga bisa dijadikan pengharum ruangan dan juga salah satu bahan yang cocok untuk campuran teh. Bunga ini ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional yang ada di Indonesia (Puspa bangsa). Dan makna dari bunga melati diantara lain cinta, kesucian, keberuntungan dan kesederhanaan.

  1. Daisy

Bunga daisy merupakan bunga yang juga sering digunakan untuk memberikan hadiah kepada seseorang. Dengan bentuk kelopak bunga yang kecil mungil dan sangat cantik bunga daisy juga memiliki harga yang cukup terjangkau oleh karena itu akan sangat bersahabat dikantong bagi yang ingin memberi bunga daisy sebagai hadiah. Bunga ini memilliki arti yang hampit sama dengan bunga melati yakni kesucian, kepolosan,kelembutan, kebahagiaan, dan juga kesetiaan.

  1. Lily

Lily merupakan bunga yang sangat elegan, feminism, halus, dan indah. Tidak salah bunga ini sering dipilih sebagai hiasan rumah ataupun buket untuk kado pernikahan. Bunga lily juga memiliki makna yang berbda dari setiap warnanya

  • Lily putih: Memiliki arti suci, bersih, kemuliaan, ketulusan, kemurnian , dan persahabatan.
  • Lily kuning: Memiliki arti bahagia, ceria, persahabatan. Namun, pemberian bunga lily kuning yang berlebihan bisa memunculkan makna lain yakni kepalsuan dan depresi.
  • Lily merah: Memiliki arti cinta, kekuatan, kemakmuran, dan kekayaan.
  • Lily oranye: Memiliki arti opitmistis, kepercayaan diri, semangat. Namun, pemberian bunga lily oranye yang berlebihan bisa memiliki arti negatif, seperti penghinaan, kebencian, dan kesombongan.

Itulah dia keistimewaan bunga sebagai kado atau hadiah kepada seseorang, dan juga makna dari setiap bunga yang akan dijadikan sebagai kado.